April 30, 2020



ENERGI

Awal mulanya pada bulan Mei 2015, pernikahan keponakan Dhira Narayana dengan Soraya Casandra. Saya bertemu dengan mas Hario, seorang sahabat kakak kelas di SMA PL yang selama lebih dari 20 tahun ini saya jadikan mentor spiritual. Saya katakan bahwa saya lagi jenuh, ingin belajar sesuatu tapi belum tahu mau belajar apa. Mas Hario sharing kalau sekarang yang dia inginkan adalah ketika wafat nanti dalam keadaan sehat dan sadar (“full concious”). Langsung saya bilang “saya juga mau!!”. Mas Hario hanya bilang, rabu datang ke rumah, nanti saya kenalkan ke seseorang


Rabu berikutnya saya langsung mampir ke rumah mas Hario di Cibeber, disitulah saya berkenalan dengan Kang Dodi. Awal perkenalan saya agak sulit menangkap obrolannya, hanya satu yang menarik saya, Kang Dodi mengatakan : “Banyak orang belajar makrifat, tapi tidak mempersiapkan dirinya dengan benar”. Dia bicara tentang Energi dalam tubuh, mesti diolah, di “buka” chakranya.

“Ting !” … seperti yang saya percaya selama ini. Tidak ada namanya kebetulan di dunia ini. Sayapun langsung teringat dengan buku yang saya tulis “Belahan Jiwa”. DIbuku itu saya menyinggung tentang chakra, hanya berdasarkan riset singkat dari beberapa buku dan tulisan yang saya baca. Sempat dalam hati saat menulisnya, terbersit keingin tahuan apa sih chakra itu? Bagaimana bekerjanya dan bagaimana mengolahnya.

Ini adalah kesempatannya! Mendapatkan seorang Guru yang dapat membimbing untuk mempelajarinya. Saya melihat ini adalah kelanjutan dari apa yang sudah saya pelajari selama ini, kesempatan untuk melanjutkan perjalanan spiritual yang sudah saya jalani selama 23 tahun dengan bimbingan pak Rachmat. Saya jalani prosesnya selama 23 tahun dengan tekun dengan mikraj setiap malam selama lebih dari 8 tahun terakhir, sampai saya jumpa mas Hario seperti yang saya ceritakan di atas. Ini adalah kelanjutannya !!….

GAMBAR BESAR


Manusia terdiri dari “body, mind, heart & soul” itu yang saya pelajari dari buku2 Garry Sukav. Dalam istilah lainnya : badan, pikiran, jiwa dan ruh. Badan dengan segala bagian dan kelengkapannya seperti : rangka, organ tubuh, daging, syaraf,  kelenjar, hormon. Pikiran yang merupakan hasil kerja otak, panca indra dan kesadaran. Kemudian jiwa yang merupakan badan halus , yaitu ruh yang ada dalam diri manusia yang mengalami pengalaman spesifik karena penggunaan pikiran, hati dan pilihan respon yang diambil. Ruh adalah bagian dari Ruh Allah yang ada dalam diri manusia.

Kemudian menjadi pertanyaan, bagaimana kehidupan ini bekerja dalam diri manusia ? Tuhan menciptakan Energi, yaitu daya penggerak. Energi ini bisa berbentuk energi kimia, energi listrik, energi mekanik, energi panas, energi cahaya, semuanya ada dalam diri manusia, contohnya energi Kimia yang berhubungan dengan metabolisme, hormon dan kelenjar, energi listrik yang ada dalam syaraf, energi panas yang timbul karena oksigen dalam darah berinteraksi dengan organ lain melalui darah serta energi cahaya yang ada dalam bentuk  pikiran, kehendak, kesadaran, emosi dan hal lain yang berkaitan dengan jiwa. Ke empat bentuk energi yang pertama mengikuti hukum Newton, sebab dan akibat, sedangkan energi yang terakhir, yaitu cahaya mengikuti hukum Fisika Kuantum Einstein termasuk juga hukum ketidak pastian Heisenberg.


Hal yang berkaitan dengan perubahan antara energi panas, kimia, mekanik dan listrik dengan mudah kita mengerti karena sudah banyak sekali contoh2nya. Tapi bagaimana dengan perubahan energi Cahaya kepada bentuk keempat energi lainnya ? Disinilah peran Chakra dalam tubuh manusia.

Ini definisi Chakra :

Kata "cakra" berasal dari bahasa Sanskerta चक्र yang berarti "roda" atau "lingkaran". Chakra adalah pusat-pusat energi dalam tubuh, tempat 72000 saluran-saluran energi (nadi) saling bersilangan. ... Setiap chakra terhubung dengan bagian-bagian tubuh tertentu. Chakra mengatur kesehatan tubuh kita secara fisik, emosi, spiritual.

Kita mengenal 7 Chakra Utama : Chakra Dasar, Pusar, Plexus, Jantung, Tenggorokan, Ajna (Mata Ke Tiga) dan Mahkota. Sebetulnya masih banyak lagi Chakra lain yang biasa disebut Chakra Minor dan Mini Minor yang tersebar di seluruh bagian tubuh manusia. Sebagian yang lain mengatakan ada 12 Chakra Utama, yaitu ke 7 chakra di atas ditambah lagi dengan Chakra Seks, Ming Ming, Limpa, Paru2 dan Dahi. Ke tujuh Chakra Utama tersebut berakar langsung di tulang belakang dan saling mempengaruhi organ-organ disekelilingnya.


Tuhan menciptakan manusia dengan sangat luar biasa. Kalau bagian-bagian tubuh manusia ini seimbang dan berjalan lancar maka kita akan sehat. Tapi jika tidak maka kita akan sakit. Jika ada hambatan pada aliran darah menuju otak bisa mengakibatkan stroke, jika hambatannya serius menuju jantung kita akan menderita sakit jantung koroner. Teraphinya ya operasi jantung atau pemberian obat-obatan atau suplemen untuk menghindari penumpukan lemak yang ada di jantung dan saluran2 darah.

Lalu bagaimana dengan jiwa ? Sama juga, karena jiwa juga memiliki saluran-saluran energi, hanya bedanya sangat halus dan tidak nampak. Rasa iri dengki bisa mengakibatkan kotoran di chakra jantung dan plexus, sehingga putarannya melambat dan berakibat sesak di dada. Semakin besar dan lama rasa negatif kita alami, semakin besar hambatan yang terjadi di Chakra dan saluran-salurannya. Bagaimana cara teraphinya ? Hilangkan rasa2 negatif yang ada atau minta bantuan seorang “Guru” , yang mengerti caranya, untuk membantu mem”buka” dan membersihkan chakra agar perputarannya bagus dan juga membersihkan saluran2 yang kotor. 

Chakra sendiri ada tiga bagian : tempatnya, roda putarannya dan prana/pancaran cahayanya. Sekali lagi perlu bantuan seorang Guru untuk dapat mengetahui “letak tepat”nya Chakra tersebut, bukan hanya secara teori atau sekedar pengetahuan.


Berkaitan dengan prana/pancaran cahaya, memiliki sifat2 tertentu :

Cahaya hijau berkaitan dengan penyembuhan.
Cahaya kuning berkaitan dengan pertumbuhan
Cahaya merah berkaitan dengan vitalitas
Cahaya orange berkaitan dengan pembersihan
Cahaya biru berkaitan dengan kelenturan 
Cahaya ungu berkaitan dengan perlindungan
Cahaya putih merupakan penetral, asal muasal dari cahaya yang lain

TATA CARA ME’MANAGE’ ENERGI 
  1. Energi Phisik : makan makanan yang sehat, olah raga, istirahat yang cukup, kurangi stress.
  2. Energi Jiwa : setelah chakra di “buka” dan saluran dibersihkan, maintain dengan rutin melakukan meditasi : Olah nafas dan Olah rasa, Olah chakra dengan dialog diri dan doa, selalu sertakan Tuhan dan minta keridhoanNya agar tubuh dan jiwa sehat serta selamat.





No comments:

Post a Comment